rss_feed

Desa Soro

Jl. Jendral Sudirman Soro-Lambu
Kecamatan Lambu Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat
Kode Pos 84182

mail_outline desasorolambu@gmail.com

  • ABD. HADI

    Kepala Desa

    Hadir di Kantor Desa
  • KHAIRUL ANAS, S.SOS

    Sekretaris Desa

    Hadir di Kantor Desa
  • JUFRI

    KASI PEMERINTAHAN

    Hadir di Kantor Desa
  • BURHAN

    KASI PEMBANGUNAN

    Hadir di Kantor Desa
  • JAMALUDIN

    KAUR PERENCANAAN DAN PELAPORAN

    Hadir di Kantor Desa
  • HARYANTO

    KAUR KEUANGAN

    Hadir di Kantor Desa
  • BAHTIAR

    KABID PEMBINAAN KEMASYARAKATAN

    Hadir di Kantor Desa
  • HARYANTI

    KABID URUSAN UMUM DAN ASET

    Hadir di Kantor Desa
  • MAHMUD

    KEPALA DUSUN MOTI

    Belum Rekam Kehadiran
  • JAIBIN

    KADUS PANTA PAJU

    Belum Rekam Kehadiran
  • IKHSAN

    KADUS OI WONTU

    Belum Rekam Kehadiran
  • MUHAMAD TAYEB

    KADUS OI NCINGGI

    Belum Rekam Kehadiran
  • SULAIMAN

    OPERATOR SID

    Hadir di Kantor Desa

settings Pengaturan Layar

Selamat Datang Di Sistem Informasi Desa Soro Kecamatan Lambu | Pelayanan Kantor Desa Hari Senin s.d Jum'at | Syarat Pelayanan Surat Wajib Membawa Foto Copy Kartu Keluarga Dan KTP Asli Bagi Yang Sudah Rekam E-KTP -- selengkapnya...
fingerprint
KADER POSYANDU DESA SORO

31 Des 2017 22:14:30 93 Kali

NAMA POSYANDU DESA SORO:

  1. TELAGA BIRU I
  2. TELAGA BIRU II
  3. TELAGA BIRU III
  4. TELAGA BIRU IV

 

TUGAS-TUGAS KADER POSYANDU:

Penyelenggaraan kegiatan Posyandu diselenggarakan 1 bulan penuh, dengan hari buka Posyandu untuk penimbangan 1 bulan sekali. Secara umum, tugas-tugas kader dalam rangka menyelenggarakan kegiatan Posyandu, dibagi dalam 3 kelompok yaitu :

  1. Tugas sebelum hari buka Posyandu atau disebut juga tugas pada H- Posyandu, yaitu berupa tugas-tugas persiapan oleh kader agar kegiatan pada hari buka Posyandu berjalan dengan baik
  2. Tugas pada hari buka Posyandu atau disebut juga pada H Posyandu, yaitu berupa tugas-tugas untuk melaksanakan pelayanan 5 kegiatan
  3. Tugas sesudah hari buka Posyandu atau disebut juga tugas pada H+ Posyandu . yaitu berupa tugas-tugas setelah hari Posyandu

 

Tugas Kader Posyandu Atau Hari Buka Posyandu, Meliputi :

  1. Menyiapkan alat dan bahan, yaitu : alat penimbangan bayi dan balita, Kartu Menuju Sehat (KMS), alat peraga, alat pengukur LILA, obat-obatan yang dibutuhkan (tablet besi, vitamin A, Oralit, dan lain-lain sesuai kebutuhan), bahan/materi penyuluhan dan lain-lain.
  2. Mengundang dan menggerakkan masyarakat, yaitu memberitahu ibu-ibu untuk datang ke Posyandu, serta melakukan pendekatan tokoh yang bisa membantu memotivasi masyarakat untuk datang ke Posyandu.
  3. Menghubungi Pokja Posyandu, yaitu menyampaikan rencana kegiatan kepada kantor desa/kelurahan dan meminta mereka untuk memastikan apakah petugas sektor bisa hadir pada hari buka Posyandu.
  4. Melaksanakan pembagian tugas, yaitu menentukan pembagian tugas diantara kader Posyandu baik untuk persiapan maupun pelaksanaan kegiatan

 

Tugas Kader Pada Hari Buka Posyandu disebut juga dengan tugas pelayanan 5 langkah kegiatan meliputi :

Kegiatan 1:

  1. Mendaftar bayi / Balita, yaitu menuliskan nama bayi / Balita pada KMS dan secarik kertas yang diselipkan pada KMS
  2. Mendaftar ibu hamil, yaitu menuliskan nama ibu hamil pada Formulir atau Register Ibu Hamil

 

Kegiatan 2:

  1. Menimbang bayi / balita
  2. Mencatat hasil penimbangan pada secarik kertas yang akan dipindahkan pada KMS

 

Kegiatan 3:

Mengisi KMS atau memindahkan catatan hasil penimbangan balita dari secarik kertas kedalam KMS anak tersebut.

 

Kegiatan 4:

  1. Menjelaskan data KMS atau keadaan anak berdasarkan data kenaikan berat badan yang digambarkan grafik KMS kepada ibu dari anak yang bersangkutan.
  2. Memberikan nasehat kepada setiap ibu dengan mengacu pada data KMS anaknya atau dari hasil pengamatan mengenai masalah yang dialami sasaran.
  3. Memberikan rujukan ke Puskesmas apabila diperlukan, untuk balita, ibu hamil dan menyusui berikut ini:
  • Balita: apabila berat badannya dibawah garis merah (BGM) pada KMS, 2 kali berturut-turut berat badannya tidak naik, kelihatan sakit (lesu-kurus, busung lapar, diare, rabun mata dan sebagainya)
  • Ibu hamil atau menyusui: apabila keadaannya kurus, pucat, bengkak kaki, pusing terus menerus, pendarahan, sesak napas, gondokan dan sebagainya
  • Orang sakit
  • Memberikan pelayanan gizi dan kesehatan dasar oleh kader Posyandu, misalnya pemberian tablet tambah darah (tablet besi), vitamin A, Oralit, dan lain sebagainya.

 

Kegiatan 5:

Merupakan kegiatan pelayanan sektor yang biasanya dilakukan oleh petugas kesehatan, PLKB, dan lain-lain. Pelayanan yang diberikan antara lain:

  1. Pelayanan Imunisasi
  2. Pelayanan Keluarga Berencana (KB)
  3. Pengobatan
  4. Pemberian tablet tambah darah (tablet besi), vitamin A dan obat-obatan lainnya
  5. Pemeriksaan kehamilan bagi Posyandu yang memiliki sarana yang memadai dan lain-lain sektor yang terkait.

 

Tugas-tugas kader setelah hari buka Posyandu, meliputi :

  1. Memindahkan catatan-catatan pada Kartu Menuju Sehat (KMS) kedalam buku register atau buku Bantu kader.
  2. Menilai (mengevaluasi) hasil kegiatan dan merencanakan kegiatan hari Posyandu pada bulan berikutnya.
  3. Kegiatan diskusi kelompok (penyuluhan kelompok) bersama orang tua balita yang lokasi rumahnya berdekatan (kelompok Dasawisma).

Kegiatan kunjungan rumah (penyuluhan perorangan), sekaligus untuk tindak lanjut/rujukan dan mengajak orang tua balita datang ke Posyandu pada kegiatan bulan berikutnya.

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

assessment Statistik Desa

folder Arsip Artikel


event Agenda


  • Belum ada agenda

share Sinergi Program

insert_photo Album Galeri

account_circle Aparatur Desa

message Komentar Terkini

  • person Penduduk Biasa

    date_range 14 September 2016 06:09:16

    Desa Soro Mantap... [...]

contacts Info Media Sosial

map Wilayah Desa

Alamat : Jl. Jendral Sudirman Soro-Lambu
Desa : Soro
Kecamatan : Lambu
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84182
Telepon :
Email : desasorolambu@gmail.com

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:46
Kemarin:122
Total Pengunjung:46.951
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:36.89.241.162
Browser:Tidak ditemukan
TRANSPARANSI ANGGARAN
Sumber Data : Siskeudes
insert_chart
APBDes 2022 Pelaksanaan

Realisasi | Anggaran

PENDAPATAN
Rp. 2,969,777,527 | Rp. 2,151,890,288
138.01 %
BELANJA
Rp. 5,503,657,255 | Rp. 2,158,440,288
254.98 %
PEMBIAYAAN
Rp. 13,100,000 | Rp. 19,650,000
66.67 %
insert_chart
APBDes 2022 Pendapatan

Realisasi | Anggaran

Lain-Lain Pendapatan Asli Desa
Rp. 51,750,000 | Rp. 32,500,000
159.23 %
Dana Desa
Rp. 2,087,449,200 | Rp. 1,581,141,000
132.02 %
Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
Rp. 0 | Rp. 28,815,322
0 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 830,578,327 | Rp. 509,433,966
163.04 %
insert_chart
APBDes 2022 Pembelanjaan

Realisasi | Anggaran

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA
Rp. 2,601,364,855 | Rp. 735,331,288
353.77 %
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Rp. 988,188,000 | Rp. 268,487,000
368.06 %
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
Rp. 939,865,500 | Rp. 296,033,000
317.49 %
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Rp. 23,838,900 | Rp. 224,989,000
10.6 %
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
Rp. 950,400,000 | Rp. 633,600,000
150 %